Tim Paling Produktif di Piala Menpora, Apa Sebab Striker Berlapis Persib Melempem Hadapi Persija?

Barisan penyerang Persib Bandung tampak kesulitan mencetak gol ke gawang Persija Jakarta pada Final Piala Menpora 2021 leg pertama. Penyerang berlapis yang dipasang Persib terlihat mampu dibendung lini bertahan Persija. Padahal, Persib jadi satu di antara tim yang paling produktif selama gelaran Piala Menpora 2021.

Apa yang bikin Persib melempem di hadapan Persija? Diketahui, Persib merupakan tim yang melaju ke partai final Piala Menpora 2021 dengan status sebagai tim paling tajam. Sebaliknya, Persija hadir sebagai tim paling kokoh yang sangat susah untuk dibobol.

Kedua tim saling bentrok di leg pertama final Piala Menpora 2021, Kamis, (22/4/2021) di Stadion Maguwoharjo, Selaman. Hasilnya, Persija berhasil mengalahkan Persib dengan skor 2 0 pada pertandingan leg pertama ini. Seperti yang terjadi, Persib kesusahan menembus tembok kokoh yang dibangun oleh Persija.

Ini kali pertamanya klub Maung Bandung gagal menyarangkan gol di Piala Menpora 2021. Pelatih Persib, Robert Rene Alberts mengaku bahwa performa pemainnya tidak seperti yang diharapkan. Persija Jakarta memulai laga dengan sangat agresif sedangkan Persib telat panas dalam pertandingan ini.

Menurut Alberts, penyebab susahnya Persib mendongkrak lini pertahanan Persija adalah karena tidak ada kordinasi dan kombinasi yang baik di lini depan. Alberts juga mengakui Persija memang punya pertahanan yang luar biasa. "Intensitas serangan kami tidak terlalu bagus. Kami tidak bisa terhubung dengan baik dan Persija punya pertahanan solid," ucap Alberts.

"Tapi kami sudah mencoba memperbaikinya dan berusaha untuk mencetak gol. Kali ini tidak ada peluang yang benar benar berbahaya dan ke depan kami harus mengubah lagi dan mencoba mencetak gol lagi," sambung dia. Selain lini depan yang susah melakukan dobrakan, Persib juga punya kelemahan dalam mengantisipasi umpan silang lawan. Dua gol yang bersarang ke gawang Persib semua berasal dari proses umpan silang yang bisa dimanfaatkan Braif Fatari dan Taufik Hidayat untuk menjebol gawang Persib.

Alberts mengatakan, itu memang menjadi salah satu bahan evaluasi bagi dia dan tim pelatih Persib. Walaupun begitu, Albers tidak mau memforsir pemainnya untuk bisa langsung tampil bagus. Butuh proses untuk mengembalikan kondisi terbaik di laga kompetitif.

Apalagi para pemain sudah tidak bermain di level kompetitif dalam waktu yang cukup lama akibat pandemi COVID 19. "Seperti yang saya katakan, kami bereaksi khususnya di laga ini dengan lambat. Bek tengah dan gelandang tengah sangat lambat menyambut bola kedua di laga ini," ungkap Alberts. "Tetapi setelah itu mereka memperbaikinya. Saya pernah mengatakan ini turnamen setelah pemain tidak bermain selama satu tahun jadi bagi saya bukan itu poinnya," imbuh dia.

Kekalahan 2 0 ini melemahkan peluang Persib meraih gelar juara di Piala Menpora 2021. Sebaliknya, Persija punya kans sangat besar dari dua gol yang mereka sarangkan di leg pertama. Laga leg kedua bakal digelar pada Minggu, (25/4/2021) di Stadion Manahan, Solo.

"Kami masih punya satu laga lagi dan skor 2 0 masih bisa dikejar," kata Alberts.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.