Kelebihan Dan Kekurangan Kamera Nikon D3200

Bagi para penggiat baru dunia fotografi tentunya sudah tidak asing mendengar kamera Nikon D3200. Ya, kamera Nikon jensi ini memang sering direkomendasikan untuk para penggiat fotografi kelas pemula, selain karena harga dari kamera ini masih cukup terjangkau untuk kamera di kalangannya, hasil gambar yang diberikan oleh kamera Nikon D3200 dianggap sudah cukup baik.

Nikon D3200 ini memang merupakan kamera generasi terbaru dari Nikon yang ditawarkan untuk pengguna kamera DSLR entry level. Fitur – fitur canggih seperti sensor CMOS 24.2 MP pada kamera Nikon D3200 ini membuat kamera ini memiliki hasil yang setara dengan Alpha SLT – A65 dari Sony Ericsson.

Munculnya kamera Nikon D3200 ini menjadi gebrakan baru dari Nikon karena kemunculan kamera ini cukup berbeda dari pendahulunya yakni kamera Nikon D3100 dimana kamera ini hanya memiliki kualitas video 1080 P dan juga menggunakan LCD dot 920 K. Sedangkan pada kamera Nikon D3200 ini terdapat beberapa perubahan signifikan pada resolusi kamera yang diberikan.

Hanya saja yang disayangkan dari kamera Nikon D3200 ini kameranya tidak dilengkapi dengan fokus Bulit-in dan juga auto exposure bracketing. Kamera Nikon D3200 hanya dilengkapi dengan versi sederhana dari fungsi Active D-Lightning yang sudah biasa digunakan pada fitur di kamera Nikon DSLR lainnya.

Selain itu pada kamera ini juga sekarang telah menghilangkan efek filter ini camera live view dimana biasanya fitur ini biasanya selalu ada pada setiap kamera. Meskipun penghilangan efek ini tidak memberi pengaruh apa – apa tetapi tetap saja adanya fitur tersebut dulu menambah nilai plus dari kamera yang digunakan.

Tentunya hilangnya beberapa fitur tersebut pada kamera Nikon D3200 menjadi salah satu kekurangan dari kamera ini. Selain itu kekurangan lain dari kamera Nikon D3200 ini yaitu pada fitur Auto Focusnya yang masih sering tidak akurat bahkan sering kali tidak menemukan kecocokan.

Yang menjadi kekurangan lain dari kamera ini yaitu saat ini kamera ini hanya menjadi incaran orang – orang baru yang tida begitu mengerti kamera, sedangkan untuk orang yang memang mengerti tentang kamera pastinya mereka kurang merekomendasikan penggunaan kamera ini sebagai kamera professional.

Meski cukup kontroversial kamera Nikon D3200 tetap memiliki keunggulan dan juga daya tariknya tersendiri bagi beberapa kalangan. Contohnya saja untuk harga yang ditawarkan dari kamera ini dianggap cukup terjangkau jika dilihat dari hasil gambar yang dihasilkan.

Keunggulan lainnya kamera Nikon D3200 ini memiliki fitur – fitur yang tidak sebanyak kamera DSLR lain sehingga lebih mudah dimengerti jika digunakan untuk orang yang baru belajar fotografi. Selain itu kamera Nikon ini juga dilengkapi dengan soket USB yang memungkinkan anda untuk langsung melihat hasil jepretan melalui layar laptop bahkan ada fitur yang memungkinkan anda melihat langsung dari smartphone lewat aplikasi.

Anda hanya perlu mengunduh aplikasi tambahan dari Nikon sebelum nantinya anda akan mengkoneksikan kamera dengan smartphone anda. Tentunya hal seperti ini akan sangat membantu terutama bagi anda yang ingin langsung membagikan hasil jepretan anda kepada orang lain. Resolusi gambar yang dihasilkan di smartphone anda pun tetap memiliki resolusi yang tinggi sehingga gambar tidak akan pecah.

Itulah beberapa keunggulan dan juga kekurangan dari kamera Nikon D3200 yang bisa anda jadikan pretimbangan sebelum anda hendak membeli kamera ini, semoga review ini dapat bermanfaat untuk anda.

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.