Cara Membuat Web Gratis dan Mudah

cara membuat web gratis

Beberapa dari Anda mungkin tertarik untuk mulai membuat website sendiri. Cara untuk membuat website mungkin menjadi salah satu pertanyaan besar yang pernah muncul di benak Anda yang saat ini tengah mengembangkan bisnis online. Dapat dikatakan juga saat ini web merupakan sesuatu yang memang hampir selalu ada di tiap aspek kehidupan.

Dalam artikel ini akan diulas mengenai bagaimana cara membuat website gratis yang perlu untuk Anda ketahui. Langkah-langkah berikut yang akan diberikan merupakan cara dalam membangun dan membuat web tanpa harus memiliki kemampuan coding, selain itu juga pembuatan website ini gratis.

Bagaimana Cara Membuat Web Gratis?

 

Memilih Web Hosting

Sebenarnya langkah pertama ketika Anda hendak membuat web secara gratis yaitu Anda tentukan lebih dahulu jenis web yang ingin dibuat. Tentukan tujuan mengapa web tersebut hendak Anda buat. Seperti contohnya website untuk toko online, komunitas dan lain sebagainya. Setelah Anda menentukan tujuan itu, maka langkah berikutnya yaitu memilih web hosting.

Pemilihan web hosting ini harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda nantinya. Web hosting itu sendiri merupakan tempat penyimpanan online yang nantinya akan menyimpan semua file dan data di situs Anda. Saat di sini Anda memilih web hosting, maka pastikan di sini Anda telah memakai layanan yang benar-benar terpercaya dan handal.

Hal itu dikarenakan hosting akan sangat berpengaruh pada performa website yang nantinya akan Anda buat. Terdapat banyak sekali pilihan hosting yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Setidaknya disini terdapat tiga jenis web hosting yang bisa dipilih, yaitu cloud hosting, shared hosting dan vps hosting.

Tetapkan Nama Domain

Cara berikutnya setelah Anda memilih web hosting yang benar-benar tepat dan terpercaya yaitu dengan menetapkan nama domain. Cari tempat beli domain yang di sini benar-benar sudah berpengalaman dan profesional. Pastikan nantinya Anda memilih nama domain yang benar-benar unik dan mudah untuk diingat dalam pembuatan website.

Hal itu memang sangatlah penting, karena disini domain merupakan alamat yang nantinya akan dipakai di dalam situs Anda. Berikut adalah beberapa tips ketika Anda hendak memilih nama domain.

  • Pilih nama yang mempunyai potensi bisnis.
  • Jangan memilih nama domain yang mana di sini sangat sulit untuk dieja.
  • Menentukan ekstensi yang nantinya akan dipakai.
  • Cek ketersediaan dengan tool cek domain.
  • Memilih nama domain yang terbaik.
  • Beli nama domain dan daftarkan domain tersebut.
  • Mulai untuk membuat website.

Terdapat tiga pilihan nantinya yang bisa Anda pakai untuk bisa membuat website. Dengan adanya pilihan-pilihan tersebut nantinya Anda bisa menentukan akan melakukan langkah yang bagaimana. Berikut ini adalah beberapa opsi umum yang bisa Anda gunakan dalam membuat situs website.

Memakai Website Builder

Opsi yang pertama yaitu disini Anda bisa menggunakan website builder. Jika disini Anda masih merasa begitu awam, maka sangat disarankan untuk Anda mencoba memakai website builder. Dengan menggunakan website builder tersebut, nantinya Anda akan lebih mudah dalam membuat website tanpa harus memakai coding.

Memakai CMS

Cara selanjutnya yang bisa digunakan untuk membuat web secara gratis yaitu dengan memakai CMS. CMS itu sendiri merupakan singkatan dari sistem manajemen konten. Salah satu CMS yang memungkinkan bagi Anda untuk bisa membuat dan membangun website secara gratis yaitu wordpress.

Menggunakan Cara Coding

Jika disini Anda termasuk web developer, maka pilihan untuk membuat website dengan cara coding tentunya tidak akan sulit. Sekalipun membutuhkan usaha dan waktu yang cenderung lama, nantinya Anda bisa lebih bebas dalam menambahkan fitur apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan pengembangan website.

Itulah tadi cara yang bisa Anda gunakan dalam membuat website dengan gratis. Nyatanya kemajuan teknologi saat ini semakin memudahkan bagi siapapun untuk dapat membuat websitenya sendiri. Bahkan beberapa cara di atas memungkinkan untuk membuat web secara gratis dan tanpa harus memiliki kemampuan coding.

Untuk Anda yang saat ini berencana membuat website dan tengah bingung mencari hosting terpercaya, maka sangat disarankan bagi Anda untuk menggunakan hosting murah DomaiNesia. Untuk informasi lebih lanjut terkait hosting tersebut, maka Anda bisa langsung mengunjungi website resminya.

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.