Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat terjadi ketika jaringan dan pembuluh darah di sekitar hidung membengkak karena infeksi atau peradangan. Hal ini dapat mengganggu proses pernapasan disertai keluarnya cairan yang berlebihan, bahkan dapat menyebabkan batuk dan sakit tenggorokan.

Penyebab hidung tersumbat bermacam-macam, mulai dari infeksi virus, paparan alergen, hingga masuknya benda asing ke dalam hidung. Selain itu, hidung tersumbat juga bisa menjadi keluhan saat hamil, efek samping minum obat tertentu, serta gejala suatu penyakit, seperti sinusitis, polip hidung, dan deviasi septum.

Hidung tersumbat dapat diredakan dengan pengobatan sederhana atau konsumsi obat-obatan. Berikut cara mengatasi hidung tersumbat.

Bagaimana Cara Mengatasi Hidung Tersumbat?

  1. Hirup uap hangat

Menghirup uap hangat dapat membersihkan hidung tersumbat dan memudahkan pernapasan. Cara melakukannya cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan wadah berisi air hangat, lalu dekatkan wajah Anda dengan wadah tersebut dan hirup uapnya. Namun, Anda harus berhati-hati saat melakukan metode ini.

Jangan sampai uap yang terlalu panas malah membakar wajahmu. Sebagai alternatif, Anda bisa mandi air hangat atau mencuci muka dengan waslap yang dicelupkan ke dalam air hangat.

  1. Jaga agar kepala Anda lebih tinggi saat berbaring

Kesulitan bernapas karena hidung tersumbat bisa membuat sulit tidur. Jadi, agar Anda bisa tertidur dan proses pernapasan menjadi lebih baik, posisikan kepala lebih tinggi saat Anda tidur. Gunakan bantal ekstra untuk menopang kepala dan bahu Anda.

  1. Banyak minum air putih

Hidung tersumbat bisa diredakan dengan minum air putih. Minum air dalam jumlah yang cukup dapat membantu mengencerkan lendir di hidung, sehingga lebih mudah dikeluarkan. Dengan asupan cairan yang cukup, Anda juga bisa terhindar dari berbagai masalah kesehatan lainnya, seperti dehidrasi.

  1. Gunakan pelembab udara

Agar hidung tidak tersumbat, Anda bisa menggunakan pelembab udara, terutama jika Anda menggunakan AC atau AC di kamar Anda. Alat ini dapat membantu menjaga kelembapan udara dan mengurangi penyebaran debu di udara, sehingga saluran udara lebih terbuka dan pernapasan menjadi lebih mudah.

  1. Cuci hidung dengan air garam

Selain menghilangkan debu dan partikel berbahaya di rongga hidung, mencuci hidung dengan air garam juga bisa menghilangkan lendir di hidung. Untuk melakukan ini, larutkan 1 sendok teh garam dan sejumput baking soda dalam 2 gelas (500 ml) air hangat. Tuang air garam ke dalam wadah atau botol khusus yang bisa Anda beli di toko obat atau apotek.

Miringkan kepala Anda dan arahkan corong botol ke satu sisi hidung Anda. Kemudian, semprotkan dengan kuat sampai cairan keluar melalui sisi lain lubang hidung. Untuk hasil yang maksimal, mencuci hidung dengan air garam bisa dilakukan 3-4 kali sehari.

  1. Konsumsi obat-obatan

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk meredakan hidung tersumbat adalah dengan mengonsumsi obat-obatan, seperti dekongestan berupa semprotan hidung atau pil dan antihistamin.

Pastikan Anda meminum obat sesuai dosis yang tertera pada kemasan atau konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan dosis yang aman jika Anda sedang hamil, menyusui, atau memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Pada beberapa kondisi, perawatan di atas mungkin tidak cukup untuk mengatasi keluhan ini, apalagi jika hidung tersumbat merupakan gejala dari masalah kesehatan lainnya. Dalam hal ini, perawatan lebih lanjut diperlukan untuk mengatasi penyebab yang mendasarinya.

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.