Cara Investasi Reksadana agar Cepat Untung

cara investasi Reksadana

Investasi Reksadana sekarang ini mulai digemari, terutama bagi kalangan anak muda yang gemar dalam dunia investasi. Untuk itu, tidak mengherankan jika banyak yang mencari informasi seputar cara investasi Reksadana. Dengan investasi Reksadana, kamu bisa mendapatkan keuntungan tanpa harus berpengalaman dalam berinvestasi.

Apalagi investasi tersebut makin praktis dengan Reksadana online. Kamu hanya perlu menanamkan modalmu dalam sebuah platform atau marketplace investasi, lalu manajer investasi akan mengelola dana tersebut. Meski begitu, alangkah baiknya kamu juga memiliki dasar pengetahuan tentang cara investasi Reksadana.

Belajar Cara Investasi Reksadana

Menurut UU Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995 pada pasal 1 ayat 27, Reksadana merupakan jenis investasi yang digunakan sebagai penghimpunan dana masyarakat pemodal yang kemudian diinvestasikan ke dalam portofolio efek yang dilakukan oleh manajer investasi.

Ada tiga bagian penting dalam investasi Reksadana, yakni dana dari investor, portofolio efek, dan manajer investasi. Jadi, manajer investasi ini merupakan ahli profesional yang dipercaya mengelola dana tersebut. Maka dari itu, cara investasi Reksadana ini tidaklah rumit. Buat kamu yang tertarik, bisa mencoba belajar investasi Reksadana dengan panduan berikut.

  1. Menentukan platform berinvestasi

Apabila kamu berminat investasi Reksadana online, kamu cukup memilih platform untuk berinvestasi lalu registrasi akun. Sangat disarankan untuk memilih tempat berinvestasi yang diawasi oleh OJK agar investasi tersebut aman dan terjamin.

  1. Menetapkan profil risiko dan tujuan investasi

Setelah registrasi akun, cara investasi Reksadana berikutnya adalah menentukan profil risiko dan tujuan investasi. Profil risiko ini sebagai informasi terkait kapasitas atau tingkat risiko yang berani kamu ambil. Sementara, tujuan investasi bisa disesuaikan untuk tabungan, dana pensiun, atau lainnya dengan jangka waktu bisa kurang dari 10 tahun.

  1. Rutin investasi dan monitoring

Berdasarkan profil risiko dan tujuan investasi tersebut, pihak manajer investasi akan mengelola dana investasimu. Namun, dalam investasi ini sebaiknya dilakukan secara rutin dan tidak lupa melakukan monitoring pada produk Reksadana.

Tips Meningkatkan Keuntungan Investasi Reksadana Online

cara investasi reksadana
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/kayu-pemasaran-orang-orang-wanita-7414211/

Apabila kamu sudah paham cara investasi Reksadana, kamu bisa menerapkan beberapa tips atau strategi untuk meningkatkan keuntungan. Berikut beberapa strategi yang bisa dicoba.

1. Strategi market timing

Selain belajar cara investasi Reksadana, kamu bisa belajar strategi market timing. Strategi ini membutuhkan ketelitian cukup tinggi karena kamu perlu tahu waktu yang tepat untuk berinvestasi. Idealnya memang saat produk Reksadana tersebut menguat sehingga keuntungan yang kamu dapatkan lebih besar.

 

2. Strategi lump sum

Strategi ini dilakukan ketika harga produk Reksadana sedang rendah, kamu bisa membelinya lalu ketika naik kamu bisa memperoleh keuntungan besar.

 

3. Strategi buy and hold

Cara investasi Reksadana menggunakan strategi ini dinilai paling tepat apabila kamu memiliki tujuan investasi dalam jangka panjang. Caranya dengan membeli investasi (buy), lalu membiarkannya (hold) dalam waktu lama dan nantinya akan memberikan keuntungan yang lebih optimal.

 

4. Strategi dollar cost averaging

Strategi investasi ini membuat kamu harus menyetorkan sejumlah dana pada periode tertentu dengan jumlah yang sama. Cara ini cocok bagi kamu yang memiliki pendapatan tetap di setiap bulannya.

 

digibank by DBS, Cara Tepat Investasi Reksadana Online

Buat kamu yang sudah paham dan makin tertarik berinvestasi Reksadana, bisa mencobanya di digibank by DBS. Investasi Reksadana online di digibank by DBS menawarkan beragam keunggulan sebagai berikut.

  • Investasi praktis dalam satu aplikasi

Cara investasi Reksadana sangatlah praktis dan mudah, caranya cukup mengunduh Aplikasi digibank by DBS. Aktivitas investasi seperti pembelian, penjualan, registrasi Single Investor Identification (SID) yang akan tersedia setelah 2 hari kerja, dan switching investasi dapat dilakukan dengan mudah di manapun dan kapanpun dalam aplikasi tersebut.

 

Selain itu, di dalamnya juga tersedia beragam info. Beberapa info mengenai produk investasi, syarat dan ketentuan dari bank yang disediakan dalam bentuk dokumen bisa kamu akses.

 

  • Ada lebih dari 50 produk Reksadana tersedia

Investasi di digibank by DBS ini menawarkan lebih dari 50 produk Reksadana yang bisa kamu beli. Jadi, kamu tidak perlu khawatir tentang terbatasnya produk Reksadana yang tersedia.

 

  • Terdapat 3 pilihan Reksadana

Selain itu, investasi Reksadana di digibank by DBS juga menyediakan pilihan produk Reksadana berdasarkan tiga kategori. Kategori tersebut terdiri dari Reksadana dengan kinerja terbaik, terpopuler, dan scoring terbaik.

 

Adanya informasi tentang kategori produk Reksadana tersebut akan memudahkan kamu memilih produk Reksadana. Kamu bisa tahu produk investasi yang banyak dibeli atau yang kinerjanya bagus sehingga berpeluang memberikan keuntungan besar. Untuk itu, informasi ini penting kamu ketahui.

 

  • Pembelian jadi lebih fleksibel

Buat kamu yang sudah registrasi akun digibank by DBS tentu akan mendapatkan Single Investor Identification (SID). Setelah itu, tahapan cara investasi Reksadana berikutnya adalah dengan berinvestasi Reksadana secara langsung dari aplikasi digibank by DBS.

 

Jika berminat membeli saham, kamu juga dapat membelinya secara fleksibel karena nominal investasi per bulan bisa atur melalui aplikasi tersebut. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengatur otomatis tanggal pendebetan.

 

  • Minimal modal investasi Rp100.000

Investasi Reksadana online di digibank by DBS bisa dimulai dengan modal minimal Rp100.000. Meski dari modal awal kecil, namun jika rutin melakukan investasi tentunya akan memberikan keuntungan besar di masa yang akan datang.

 

Jadi, itulah informasi tentang cara investasi Reksadana beserta tips meningkatkan keuntungan dalam berinvestasi Reksadana yang bisa kamu terapkan. Beragam kemudahan investasi di digibank by DBS tersebut juga menunjukkan bahwa investasi di platform tersebut bisa menjadi pilihan tepat.

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.