Masjid Al-Akbar, Destinasi Wisata Religi Surabaya

Islam

Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya atau sering juga disebut Masjid Agung Surabaya merupakan masjid terbesar kedua di Indonesia setelah Masjid Istiqlal Jakarta. Masjid ini dibangun mulai tanggal 4 Agustus 1995 atas ide Wali Kota Surabaya pada saat itu. Pembangunan Masjid ini sempat mengalami penghentian sementara karena terjadi krisis moneter di tahun 1998 sehingga waktu selesainya tidak sesuai dengan yang direncanakan. Baru pada tahun 1999 pembangunannya dilanjutkan lagi dan berhasil selesai pada tahun 2001. Masjid ini dibangun di atas lahan seluas 11,5 hektar dan dapat menampung jamaah hingga 30.000 orang.

Masjid Al-Akbar Surabaya ini merupakan salah satu masjid termegah di Jawa Timur dengan rancang arsitektur yang luar biasa. Kubahnya berwarna hijau turqois yang membuat menjadi pusat perhatian, terutama di siang hari. Dengan tinggi hingga 27 meter dan berat hingga 200 ton, kubah ini menjadi salah satu ciri khas masjid ini. Di bagian lain juga terdapat menara masjid yang menjulang tinggi. Konon pada saat pembangunan, direncanakan membangun 6 menara. Namun pada kelanjutannya rencana tersebut tidak terealisasikan karena berbagai kendala. Di menara tunggal ini, terdapat fasilitas lift yang dapat digunakan pengunjung untuk menaiki menara yang memiliki ketinggian 99 meter sehingga pengunjung dapat melihat pemandangan kota yang indah. Maksimal daya tampung menara adalah 30 orang.

Bagian interior juga tidak luput dari perhatian. Langit-langit dibuat tinggi sehingga terkesan megah. Pada bagian mihrab terdapat kaligrafi berwarna emas. Kaligrafi memang salah satu bagian ornamen penting dalam sebuah masjid karena dapat membuat nuansa islami lebih terasa. Pada umumnya kaligrafi berupa ayat Alquran yang ditulis sedemikian indahnya. Agar memiliki ke-khas-an tertentu, mimbar diberi ornamen etnis dengan hiasan khas Madura dan dibuat para pengrajin asli dari Madura. Pada bagian pintu masjid didesain khusus sehingga semakin memperlihatkan kemegahannya. Terdapat 45 pintu pada masjid Al-Akbar ini. Masing-masing pintu terbuat dari kayu jati kualitas terbaik.

Selain menjadi tempat ibadah dan destinasi wisata religi, masjid ini juga digunakan sebagai salah pusat keagamaan umat Islam di Surabaya. Untuk menunjang pendidikan warga, terdapat fasilitas pendidikan mulai dari Kelompok Bermain, Raudhatul Athfal (Setingkat TK), Madrasah Ibtidaiyah (setingkat sekolah dasar) dan Ma’had Aly (setingkat perguruan tinggi). Terdapat juga fasilitas perpustakaan dan poliklinik yang dapat membuat pengunjung semakin betah dan nyaman.

Jadi apabila Anda sedang berkunjung ke Surabaya, jangan lewatkan kesempatan mampir ke Masjid Al-Akbar Surabaya. Demikian informasi yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.

Tags: ,

Tinggalkan Balasan