Inilah 5 Jenis Minuman Pemicu Asam Lambung Naik

Gejala naiknya asam lambung

Ketika mulut terasa asam, ditambah lagi dengan kesulitan dalam menelan bahkan juga ada rasa mual ketika makan. Waspadai karena bisa jadi hal tersebut adalah gejala asam lambung naik. Kondisi kesehatan yang sering kali dialami oleh masyarakat. Gangguan pencernaan yang satu ini terjadi ketika sfingter esofagus melemah. Sehingga asam lambung yang seharusnya tetap berada di dalam lambung justru naik hingga ke bagian kerongkongan. Menyebabkan rasa seperti terbakar dan juga tidak nyaman.

Siapa saja nyatanya beresiko untuk terkena gangguan kesehatan yang satu ini. Apalagi mereka yang memiliki pola makan buruk, ditambah lagi dengan berat badan yang berlebih. Faktanya orang yang gemuk memang beresiko tinggi untuk mengalami reflux asam lambung. Bukan tanpa alasan, hal ini terjadi karena timbunan lemak yang ada pada area perut tersebut membuat kinerja otot perut menjadi lemah. Otomatis tidak dapat menahan asam lambung di tempatnya sehingga akhirnya ia naik hingga kerongkongan.

Beberapa jenis makanan seperti diantaranya adalah makanan yang terlalu asam, pedas dan juga berlemak juga termasuk faktor yang dapat memicu hal tersebut. Tak hanya makanan, bahkan minuman juga ada yang dapat menyebabkan terjadinya reflux asam lambung ini, berikut diantaranya yang harus Anda ketahui, yaitu:

  1. Alkohol, tentunya banyak yang sudah tahu bahwa alkohol memang tidak baik bagi kesehatan karena dapat memicu beragam masalah. Termasuk diantaranya adalah memperparah kondisi reflux asam lambung. Bahkan bagi orang yang sehat sekalipun, dengan mengonsumsi alkohol dalam jumlah sedang akan menyebabkan kondisi semacam ini, apalagi jika seandainya dikonsumsi terlalu berlebih, tentunya akan sangat berbahaya.
  2. Kopi, kopi ini termasuk minuman dengan kandungan kafein yang cukup tinggi, bagi mereka yang tidak kuat, bahkan konsumsi sedikit saja akan memicu asam lambung meningkat. Apalagi kopi ini juga dapat menyebabkan sfingter esofagus melemah, hal tersebutlah yang berdampak pada naiknya asam lambung menuju kerongkongan. Jadi jika seandainya setelah mengonsumsi kopi membuat Anda mengalami heartburt maka sebaiknya dihindari saja.
  3. Teh, tak jauh berbeda dengan kopi, sebenarnya teh ini sendiri juga mengandung kafein didalamnya. Beberapa orang yang mengalami masalah dengan asam lambung, maka akan langsung menyebabkan gejala tersebut muncul. Sehingga ada baiknya Anda menghindari atau membatasi jumlah yang dikonsumsi.
  4. Minuman bersoda, minuman berkarbonasi memang tampak begitu segar. Namun sebuah study menemukan fakta bahwa jenis minuman semacam ini dapat melemahkan sfingter yang ada pada esofagus. Sehingga asam lambung juga cepat naik. Itulah mengapa terkadang konsumsi minuman ini menyebabkan Anda selalu bersendawa, karena jumlah asam yang keluar dari kerongkongan juga tinggi.
  5. Jus jeruk, meskipun sangat segar dan nikmat, namun ternyata sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi jus jeruk kondisi heartburn mereka justru semakin parah. Jus jeruk memang tidak menjadi pemicu lemahnya sfingter esofagus, namun ia terbilang sangat asam, sehingga dapat memperburuk gejala naiknya asam lambung.

Itulah diantaranya 5 jenis minuman yang beresiko tinggi menyebabkan asam lambung naik, sebaiknya dikurangi konsumsinya atau bahkan dihindari bagi Anda yang sudah sering mengalami reflux asam lambung ini. Lebih baik mencegah daripada mengobati, apalagi gangguan kesehatan yang satu ini bisa menjadi pemicu masalah yang lebih serius. Satu hal yang agaknya patut diingat adalah kesehatan merupakan harta yang sangat mahal harganya, sehingga harus dijaga dengan baik.

 

Referensi:

Torrance Memorial Physician Network. Diakses pada 2020. Ulcer and Gastritis

Medical News Today. Diakses pada 2020. What are gastric and duodenal ulcers?

Promag. Diakses pada 2020. 9 Pemicu asam lambung naik

 

Tinggalkan Balasan