Bagaimana Prosedur Pengiriman Barang dengan Cargo Murah Surabaya

Cargo murah surabaya

Salah satu cara untuk mengirimkan barang ke luar pulau atau luar negeri adalah menggunakan kargo. Saat ini cargo murah Surabaya sudah menyediakan berbagai layanan antar barang yang akan memudahkan Anda. Namun ada beberapa syarat harus dipenuhi ketika akan kirim barang.

Prosedur Untuk Pengiriman Barang Kargo Murah dan Cepat

Mengirimkan barang ke luar pulau apalagi ke luar negeri bukanlah hal mudah. Ada beberapa tahapan harus Anda lewati sesuai prosedur keamanan yang sudah ditetapkan. Hal ini harus dijalankan dengan benar agar tidak terjadi kesalahpahaman atas pengiriman barang.

Booking Shipment

Semua pengiriman menggunakan kargo termasuk dari Surabaya juga sudah menetapkan booking shipment. Sebelum melakukan perjanjian atas pengiriman barang Anda harus melengkapi berkas-berkas terlebih dahulu. Semuanya harus atas nama perusahaan dan pribadi yang bersangkutan.

Berkas-berkas tersebut antara lain adalah fotocopy KTP, NPWP, serta SPPKP. Siapkan dalam satu tempat saja agar mempermudah proses komunikasi saat pengiriman. Selain itu pengirim juga harus menjelaskan secara detail bentuk, berat dan jenis muatan tersebut. Ini bertujuan menentukan container empty dan juga kurir cepat.

Penerimaan Serta Memeriksa Container Empty

Tahap selanjutnya adalah menentukan container empty pada muatan tersebut. penyedia jasa akan memberikan container miliknya kepada pihak pengirim. Nantinya akan diperiksa kembali apakah masih layak dan menjaga barang bisa aman sampai di tangan konsumen.

Container empty yang diberikan biasanya sudah disesuaikan dengan deskripsi atau penjelasan barang dari pengirim. Jadi usahakan untuk menuliskan dengan jelas kondisi barang mulai dari panjang, lebar, sampai dimensi dan volume. Jika ada terlewat maka tahap selanjutnya bisa saja jadi agak rumit.

Menentukan Berat Maksimum

Selanjutnya adalah menentukan berat maksimum untuk isi container. Pada prosedur pihak penyedia jasa kirim biasanya akan memberikan penjelasan mengenai berat maksimum pengiriman. Barulah bisa ditentukan harganya. Namun sebelum itu barang muatan juga akan kembali diperiksa.

Muatan akan diperiksa lagi dan menentukan apakah ada barang mudah rusak dan pecah belah. Jika ternyata ada kemungkinan terdapat barang pecah belah maka akan dikemas dengan lebih rapi lagi agar keamanan bisa terjaga dengan baik.

Menentukan Barang-Barang Yang Mudah Rusak

Pengiriman barang ke luar pulau atau luar negeri memang penuh resiko. Barang muatan yang mudah rusak dan basi seperti buah-buahan, telur, sayuran harus diperhatikan oleh pihak pengirim. Penyedia jasa tidak akan bertanggung jawab terhadap kondisi tersebut jika mengalami kerusakan.

Sebagai pihak pengirim Anda harus memikirkan berbagai kemungkinan bisa saja terjadi. Misalkan adanya keterlambatan kapal, barang busuk dan semacamnya. Salah satu solusinya adalah dengan mengusahakan barang tidak mencapai atap kontainernya, jadi tetap ada ventilasi udara.

Prosedur Pengiriman Barang Dalam Bentuk Cair

Selain memperkirakan kemungkinan atas beberapa hal yang mungkin saja terjadi, seperti keterlambatan kapal, jangan lupa perhatikan juga muatan jika ada barang cair yang akan dikirimkan. Sudah ada ketentuan khusus mengenai hal tersebut, tentang keamanan, keselamatan bagi para petugas.

Biasanya muatan berupa benda cair akan diletakkan dalam tangki tertutup. Dengan begitu mereka aman di dalam container. Tidak mudah rusak dan oleng jika sedang terkena ombak di lautan. Selain tangki sampai saat ini belum ada alternatif lain.

Melakukan pengiriman barang ke luar pulau atau luar negeri untuk kepentingan pribadi maupun bisnis memang sangat menguntungkan. Namun dibalik itu semua ada banyak resiko juga, jadi tetap berhati-hati saat melakukan proses mulai dari pengumpulan data sampai pengiriman.

Tinggalkan Balasan