Apa Saja Jenis Jasa Ekspor yang Ada Di Indonesia ?

Jenis jasa ekspor yang ada di Indonesia memang cukup beragam. Salah satu alasannya yaitu ada banyak kebutuhan yang sering dikirim ke luar negeri, baik itu kebutuhan bisnis atau hanya untuk pengiriman sanak saudara di sana. 

Apa Itu Jenis Jasa Ekspor ?

Pada umumnya jasa ekspor merupakan sebuah manfaat berupa kegiatan atau aktivitas yang dapat mempunyai manfaat di luar negeri sana. Sedangkan jika ingin mengetahui apa itu ekspor jasa kena pajak, pemahaman setiap orang berbeda-beda.

Namun, satu yang hal pasti ekspor jasa kena pajak ialah, kegiatan dalam hal penyerahan jasa yang dikenakan pajak dan dihasilkan oleh daerah pabean. Lalu dimanfaatkan para penerima ekspor JKP di luar daerah pabean.

Adapun tiga jenisnya seperti contoh kegiatan atau aktivitas yang melekat di barang bergerak atau tidak dan juga selain kegiatan tersebut, lalu diserahkan dan kemudian akan dimanfaatkan oleh luar pabean.

Apa Saja Jenis-jenis Jasa Ekspor ?

Berbicara mengenai jasa kirim barang, maka tak lepas dari apa saja jenis-jenisnya. Tentu saja ada banyak dan dari salah satunya bisa Anda pilih jika ingin mengirim produk ataupun barang ke luar negeri.

Ada beberapa jenis jasa ekspor yang tidak dikenakan PPN. Yaitu jasa perbaikan dan perawatan, maklon, pengurusan transportasi, teknologi informasi, konsultansi konstruksi, penelitian pengembangan persewaan alat angkut, akuntansi, audit laporan keuangan.

Tak hanya itu saja masih ada lagi seperti halnya jasa perpajakan, perdagangan dan juga interkoneksi. Tak heran ketika Anda menggunakan jasa ekspor, biaya transportasi tidak perlu diadakan karena sudah diurus langsung dengan pihak ketiga.

Mengenal Jasa Ekspor Perbaikan dan Perawatan

Perbaikan dan perawatan merupakan salah satu jasa ekspor yang tidak dikenakan PPN. Perbaikan dan perawatan ini dimaksudkan akan dilakukan oleh jasa pada barang bergerak saja lalu bisa dimanfaatkan ke luar daerah pabean.

Dimisalkan ada sebuah perusahaan jepang yang memiliki kerusakan bagian mesinnya, anggap saja namanya Hikari Corp. Lalu mereka memesan jasa perbaikan ke perusahaan lain tapi berada di Indonesia. Kemudian perusahaan dari dalam negeri tersebut mengirim teknisi.

Apa itu Jasa Ekspor Maklon?

Jasa Maklon merupakan salah satu dari jasa ekspor tidak dikenakan PPN alias tidak perlu dibayar. Apa itu Maklon? Bentukan dari jasa yang kemudian diberikan dengan tujuan menyelesaikan barang tertentu.

Penyelesaian dari barang tersebut itulah akan dilakukan oleh pihak penyedia jasanya yang masih berada di daerah pabean. Jikalau customer atau pengguna jasanya ada di luar negeri, maka mereka diwajibkan untuk menunggu keputusan spesifikasi dari pembeli termasuk bahan bakunya juga.

Selain hal tersebut pihak pengguna jasanya juga perlu untuk menyiapkan bahan lain. Mengenai syarat yang harus dilakukan pihak pengguna ialah tidak diperbolehkan memiliki badan usaha tetap dari daerah pabean.

Apa itu Jasa Ekspor Konstruksi?

Selanjutnya adalah jasa ekspor konstruksi. Biasanya meliputi pelaksanaan pekerjaan, pekerjaan dan juga layanan jasa konsultasi pengawasan pada pekerja. Semua hal tersebut dilakukan tepatnya di luar daerah pabean.

Adapun pajak yang dibebankan kepada tiga ekspor jasa tadi seperti PPN (penggantian jasa dicatat sebagai penghasilan) dan juga PKP. Untuk penerapan dalam ketiga jenis tersebut masih diterapkan PPN sebesar 0%.

Dalam hal ini pemerintah masih akan menentukan strategi yang tepat untuk dapat mengekspor jenis jasa tersebut. Mengingat keuntungan dan berbagai macam manfaatnya sangatlah banyak didapatkan. Apalagi mampu meningkatkan daya saing di luar negeri.

Demikian pembahasan singkat mengenai jenis-jenis Jasa Ekspor dan beberapa penjelasan tentang  pengertiannya.

Tags: ,

Tinggalkan Balasan