5 Tips Mempersiapkan Dana Umrah dengan Investasi Reksadana

Melaksanakan ibadah umrah merupakan salah satu impian umat muslim di seluruh dunia. Jika, Anda tertarik menjalankan ibadah tersebut sebaiknya segera persiapkan dananya mulai dari sekarang. Salah satu cara mempersiapkannya yaitu dengan berinvestasi di Reksadana Pendapatan Tetap (RDPT).

Secara harfiah, umrah adalah datang ke suatu tempat untuk berkunjung. Sementara menurut fiqih umrah adalah serangkaian kegiatan ibadah yang mencakup tawaf, sa’i, dan tahalul. Meskipun tidak bersifat wajib setidaknya Anda pernah melaksanakannya walaupun hanya sekali.

Kiat Mewujudkan Umrah yang Lebih Nyaman

Dikutip dari detik.com, Indonesia termasuk salah satu negara yang menyumbang jamaah umrah terbanyak. Fakta tersebut disampaikan oleh Wakil Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Dr. Abdelfattah Mashat.

Hal tersebut membuktikan bahwa semangat umat muslim di Indonesia dalam menjalankan ibadah umrah cukup tinggi. Untuk memperkuat semangat tersebut Anda dapat menerapkan kiat-kiat berikut ini:

  • Terus Tingkatkan Pengetahuan Agama

Sebelum merencanakan ibadah umrah sebaiknya bekali dulu diri dengan pengetahuan agama yang mumpuni. Bila perlu ikuti kelas-kelas keagamaan atau kajian-kajian untuk memperdalam ilmu agama.

Dengan demikian, ibadah umrah akan terasa semakin bermakna sehingga Anda akan lebih termotivasi untuk melaksanakannya. Selain itu, pelajari secara mendalam mengenai rukun, tata cara, dan larangan selama umrah.

  • Mulai Rencanakan Keuangan

Dalam melaksanakan ibadah umrah Anda perlu menyiapkan dana sekitar Rp30 juta – Rp50 juta. Tentu nominal tersebut bukan jumlah yang sedikit, sehingga perlu dipersiapkan mulai dari sekarang.

Jika, Anda ingin berangkat umrah dalam waktu dekat maka sebaiknya persiapkan dana tersebut melalui investasi. Reksadana Pendapatan Tetap dapat menjadi pilihan yang ideal untuk mempersiapkan dana umrah. Apalagi sekarang tersedia banyak pilihan Reksadana Syariah yang bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda.

  • Membuat Target Keberangkatan

Menentukan target keberangkatan akan membuat Anda lebih fokus dalam mempersiapkan diri, baik secara fisik maupun finansial. Dengan adanya target seseorang akan lebih terdorong untuk mengambil langkah konkret dalam mencapai tujuannya.

Selain menentukan kapan akan melaksanakan umrah, Anda juga perlu menjaga komitmen agar tujuan tersebut tidak berhenti di tengah jalan. Coba ajaklah teman atau kerabat agar lebih termotivasi untuk mencapainya.

  • Rutin Bersedekah untuk Memperlancar Rezeki

Ikhtiar untuk mewujudkan ibadah umrah tidak hanya sebatas bekerja dan menabung. Anda dianjurkan melakukan sedekah secara rutin untuk membuka pintu rezeki selebar-lebarnya. Bersedekah tidak akan mengurangi kekayaan justru akan memperlancar rezeki dan melipatgandakannya.

Pexels

Tips Mempersiapkan Dana Umrah Melalui Reksadana Pendapatan Tetap

Mempersiapkan dana umrah memang tidak semudah yang dibayangkan apalagi jika Anda tipe orang yang sangat konsumtif. Jika, ingin segera melaksanakannya dalam waktu dekat sebaiknya terapkan tips-tips berikut.

  • Sisihkan Penghasilan secara Rutin

Usahakan Anda rutin menyisihkan 10 persen – 20 persen pendapatan untuk ditabung. Pisahkan tabungan tersebut ke dalam rekening khusus agar tidak terpakai untuk transaksi sehari-hari.

Jika sudah terkumpul cukup banyak, Anda bisa langsung mendaftarkan diri ke agen umrah dan menggunakannya untuk membayar uang muka. Langkah ini akan membantu menjaga komitmen, sehingga ibadah umrah dapat terealisasi sesuai target keberangkatan yang direncanakan.

  • Meminimalisir Pengeluaran

Langkah selanjutnya, Anda perlu mengurangi jumlah pengeluaran bulanan. Pangkas semua pengeluaran yang tidak termasuk dalam kebutuhan pokok bulanan terutama yang bersifat pemborosan.

Contohnya membeli barang-barang fashion keluaran terbaru, berlangganan layanan streaming lebih dari 1 platform, selalu makan dan jajan di luar, dan pemborosan lainnya. Dengan mengurangi pengeluaran tersebut Anda dapat lebih cepat mengumpulkan dana umrah yang telah ditargetkan.

  • Mencari Penghasilan Tambahan

Melakukan pekerjaan sampingan di waktu luang juga dapat membantu mempercepat tercapainya target. Cari pekerjaan sampingan sesuai skill yang Anda miliki agar lebih mudah dijalankan.

Contohnya membuka usaha di bidang kuliner bagi yang hobi memasak atau menjadi fotografer freelance bagi yang suka dengan fotografi. Tapi, pastikan Anda dapat mengatur waktu agar pekerjaan utama tidak dikesampingkan.

  • Berinvestasi di RDPT

Akan lebih baik lagi jika hasil tabungan yang sudah terkumpul diinvestasikan ke Reksadana. Melalui investasi Anda akan mendapat penghasilan tambahan secara pasif untuk mempersiapkan dana umrah.

Reksadana Pendapatan Tetap adalah jenis aset investasi yang rendah risiko dan tersedia dalam basis syariah. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir saat menggunakannya karena telah disesuaikan dengan syariat Islam.

  • Terapkan Strategi Investasi yang Tepat

Potensi keuntungan Reksadana memang cukup menjanjikan namun tetap saja Anda perlu menerapkan strategi investasi untuk memaksimalkannya. Strategi lump sum dapat diterapkan jika ingin mendapatkan keuntungan yang maksimal dalam kurun  waktu kurang dari 2 tahun.

Strategi tersebut dilakukan dalam sekali investasi namun dengan nominal yang besar. Cara ini akan membantu Anda mendapatkan keuntungan yang maksimal untuk mengejar target keberangkatan umrah dalam waktu dekat.

Perkiraan Rincian Biaya Umrah

Jenis Biaya Nominal
Penerbangan (pulang-pergi) Rp8 – 12 juta
Visa umrah Sekitar Rp1,1 juta
Asuransi perjalanan Rp500 ribu
Akomodasi Antara Rp15 – 30 juta
Transportasi saat di Arab Saudi Rp500 ribu
Makan dan minum Rp5 – 7 juta
Perlengkapan selama umrah Rp2 juta
Biaya lain-lain Rp1 – 2 juta
Total Sekitar Rp30 – 58 juta

Kesimpulan

Melaksanakan ibadah umrah memang membutuhkan persiapan yang matang, mulai dari segi fisik, mental, hingga finansial. Dengan berinvestasi di Reksadana Anda dapat mempersiapkan dana umrah secara maksimal. Perbankan Prioritas DBS Treasures dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat sebagai mitra investasi Anda di Reksadana.

Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Produk-produk Reksadana yang disediakan sudah pasti aman dan terpercaya karena dikelola oleh Manajer Investasi profesional terkemuka. Selain Reksadana, Perbankan Prioritas DBS Treasures juga menyediakan pilihan aset investasi lain untuk mempermudah Anda dalam melakukan diversifikasi.

Semua kelebihan dan kemudahan  dalam berinvestasi dapat diakses melalui Aplikasi digibank by DBS. Segera daftarkan diri dan jadilah Nasabah Perbankan Prioritas DBS Treasures untuk kemudahan dalam berinvestasi! Cari tahu informasi selengkapnya tentang investasi Reksadana Pendapatan Tetap di sini!

 

 

 

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *